Thursday, April 23, 2009

Tinta Cina dan Style


Pengorbanan selalu diperlukan dalam segala hal. Baik pengorbanan yang kecil maupun besar. Sebuah pengorbanan layakanya uang yang harus dibayar di kala kita membutuhkan sesuatu dan ingin mendapatkannya.

Malam tadi, sekitar jam 1, tinta Cina yang sedang saya uji coba dan terapkan ternyata secara sengaja terinjak! Dan otomatis tintanya tumpah ke karpet, kasur dan kaki saya. Yaaaa… ampun,,, soal tinta Cina memang tidak terlalu masalah, karena selain hargannya yang ekonomis, saya masih punya 2 cadangan lagi. Terakhir saya beli (masih bulan ini) tinta cina yang saya beli harganya sangat ekonomis sekali, hanya Rp. 1.500,-. Mungkin alat seperti tinta Cina ini tidak terlalu diperlukan sekali kalau kita tidak membutuhkannya untuk tahapan colouring dalam Proses Komik. Yang sudah mahir dalam penggunaan komputer, bisa melakukan tahapan colouring di Manga Studio, Photoshop atau software grafis lainnya.

Namun penggunaan tinta Cina (tentunya menggunakan kuas) memiliki kelebihan dan kepuasan tersendiri bagi penggunanya (komikusnya) apabila sudah mahir menggunakannya. Kepekatan warna hitam yang dihasilkan sangat berbeda dengan warna tinta biasa; seperti tinta pulpen, Drawing Pen, atau Spidol. Tetapi sekali lagi, itu semua hanyalah masalah gaya dan kepuasan sang komikus itu sendiri. Setiap komikus memiliki karakter dan gaya menggambar yang berbeda, tidak ada suatu keharusan menggunakan alat ini atau itu. Jadilah komikus yang memiliki style sendiri, boleh meniru atau mencontoh (dalam gaya), tetapi tidak perlu mengekor! Be your self!



6 comments:

  1. wahahahaha... kasian.. kok bisa keinjak sih..?

    emang iya ya, tinta cina tu tinta yang paling murah...

    hidup tinta cina..!! ^0^

    ReplyDelete
  2. IYAAAAAAAAAAAAAW....


    Suka gambar juga ya... wah senangnya, ketemu temen satu aliran (aliran sesat huakakakakak becanda) salam kenal yaaaa^^

    ReplyDelete
  3. @Fadila D Ruffi: iya nih, ceroboh emang!
    kalo udah tengah malem suka aneh2... haha

    @kucing Tengil: aliran sesatyang menyenangkan, hehe.... lam kenal juga...

    ReplyDelete
  4. benar sekali brur.....menggunakan tinta cina ataupun colouring manual lainnya memang memiliki nilai lebih dibandingkan dg seni digital karena benar-benar menuntut ketekunan dan ketelitian kita......( gak ada undo disini) hehehehe

    sy dulu jg pake tinta cina atau cat air kalao ngambar.....!!!!

    ReplyDelete
  5. tinta cina memang murah dan tahan lama. aku dah pake setahun lebih aja ga habis2. asal ga pake kuas cat tembok aja.

    ReplyDelete
  6. hahaha... iya, apalagi pake kuas cat tembok!!
    tar malah kena muka. ahahahh... (udah item tambah item)

    ReplyDelete